Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

jenis jenis buah strawberry

jenis jenis buah strawberry


Varietas strawberry yang kita temukan dan konsumsi saat ini umumnya adalah Fragaria x ananassa var Duchesne, yaitu Strawberry hibrida yang dihasilkan dari persilngan anatara F.virginia var Duchesne yang berasal dari Amerika Utara dengan F.chiloensis var Duchesne yang berasal dari Chili.

Persilangan kedua jenis Strawberry tersebut dilakukan pada tahun 1750. Persilangan-persilangan lebih lanjut terus dilakukan untuk menghasilkan Strawberry dengan buah berukuran besar, harum dan manis.

Buah Strawberry memiliki beberapa bentuk. Menurut penggolongan dari USDA ada beberapa bentuk buah yang umum, yaitu oblate, globose, conic, conic, long coni necked, long wedge,  dan shop wedge. Buah yang berbentuk oblate dan globose mempunyai ujung bulat, yang berbentuk conic memiliki ujung meruncing, sedangkan yang wedge memiliki ujung mendatar.

Strawberry merupakan buah daerah subtropika. Oleh karena itu, Strawberry yang dibudidayakan di Indonesia merupakan hasil introduksi. Varietas Strawberry introduksi yang dapat ditanam di Indonesia antara lain.

1.Sweet Charlie (Amerika Serikat)

Varietas Strawberry ini ditanam secara luas di dunia karena cepat berubah, berbuah besar dengan warna jingga sampai merah, memiliki aroma yang tergolong kuat, sangat produktif dan tahan terhadap serangan Colletotrichum.

2.Oso Grande (California)

Varietas Strawberry ini secara digunakan secara luas di dunia. Ukuran buah sangat besar, buahnya padat, pada bagian tengahnya bertekstur seperti busa, dan menghasilkan panen yang tinggi.

3.Tristar (Amerika Barat)

Varietas Strawberry ini memerlukan panjang hari netral. Ukuran buah ini antara medium hingga kecil, buah cocok untuk pengolahan makanan, dan tahan terhadap serangan penyakit red stele dan embun tepung.

4.Nyoho (Jepang dan Korea Selatan)

Secara umum, varietas Strawberry ini ditanam di PVC. Penampilan buah sangat menarik, mengkilap, buah padat, memiliki rasa yang sangat manis, sangat cocok untuk bahan makanan olahan seperti bahan baku kue. Buah Strawberry nyoho memiliki bentuk yang agak mengerucut.

5.Hokowaze (Jepang)

Varietas Strawberry ini memiliki hasil panen tinggi, aroma tajam, sedikit lunak, sangat rentan terhadap Verticcilium dan antraknosa, tetapi tahan terhadap serangan penyakit embun tepung.

6.Rosa Linda (Florida)

Varietas Strawberry ini memiliki hasil panen tinggi dengan aroma buah yang kuat. Varietas ini di gunakan sebagai buah meja dan olahan.

7..Chandler (California)

Varietas Strawberry ini telah ditanam secara luas di dunia. Ukuran buah besar, hasil panen tinggi dan tahan terhadap serangan virus.

Selain varietas tersebut diatas, ada juga varietas lainnya, seperti varietas Pajero, Selva, Ostara, Tenira, Robunda, Bogota, Elvira, Grella, dan Gantlet. Varietas-varietas tersebut telah banyak juga dibudidayakan, khususnya di daerah dataran tinggi seperti Lembang, Cianjur, Cipanas, dan Sukabumi (Jawa Barat), Batu dan Situbondo (Jawa Timur), Magelang dan Purbalingga (Jawa Tengah), Bedugul (Bali), dan Berastagi (Sumatra Utara).

 

Macam-Macam Strawberry

Strawberry merupakan berry yang paling terkenal dari semua berry dan termasuk tanaman semak yang nama keluarganya adalah Fragaria.berikut ini macam macam strawberry:

1. Strawberry Ungu (Purple Wonder)

Strawberry Ungu (Purple Wonder)
 

Strawberry ini dinamakan Purple Wonder oleh penemunya Prof Courtney Weber dari Cornell University, Purple Wonder memiliki rasa yang sangat manis dan juga dengan aroma Strawberry yang kuat, dan buah ini akan semakin manis dan lezat apabila matang di pohon. Strawberry berukuran sedang ini pertama muncul berwarna putih lalu berubah warnanya menjadi merah dan terakhir berwarna ungu tua.


2. Strawberry Putih (Pineberry)

Strawberry Putih (Pineberry)
 

Strawberry ini di namakan Pineberry atau Snow White karena warnanya yang putih, Strawberry ini merupakan hasil perkawinan silang antara stawberry fragaria dan nanas ananassa sehingga rasa dari strawberry ini menghasilkan rasa nanas yang sangat kuat. Untuk Harga Strawberry ini di hargai sekitar US$4,5 sampai US$7,9 per 125 gramnya.

3. Strawberry Kuning (Alphine Yellow Wonder)

Strawberry Kuning (Alphine Yellow Wonder)
 

Jenis Strawberry ini banyak tumbuh liar di daratan eropa, dengan bunga berwarna putih seperti strawberry yang lain, Ukuran dari strawberry ini lebih kecil daripada strawberry yang lain. Buahnya berwarna putih kekuningan dan dengan biji berwarna kuning, dan strawberry ini memiliki rasa yang paling enak di banding dengan strawberry jenis lain, tanaman jenis ini tumbuh di tanah yang kering dengan intensitas matahari yang penuh.

4. Strawberry Hitam

Strawberry Hitam
 

Strawberry hitam atau biasa di sebut black strawberry memiliki rasa yang lezat dengan kandungan gula dan asam yang rendah, strawberry ini hidup di lingkungan atau suhu yang kurang lebih sama dengan strawberry merah