Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Korea Paling Lezat

 

Makanan Khas Korea Paling Lezat

1. Kimchi

Kimchi merupakan sayuran yang difermentasikan, mungkin mirip dengan asinan yang ada di Indonesia. Sayuran yang biasa digunakan dan dijadikan kimchi adalah sawi putih, lobak dan juga mentimun. Kimchi ini bisa bertahan lama apabila disimpan di dalam lemari es atau disimpan dengan baik.

2. Kimbap

Jika di Jepang ada sushi, maka di Korea sushi ini bernama kimbap. Tidak jauh berbeda dengan sushi, varian dari isian kimbap ini berupa sayur, daging, tapi bisa juga dimodifikasi sesuai selera. Untuk nasinya sendiri dibumbui dengan sedikit garam dan juga minyak wijen. Dan tak lupa pula ada rumput lautnya yang umumnya berada di luar gulungan kimbap.

3. Bibimbap

Bibimbap ini merupakan nasi campur ala korea. Disebut dengan nasi campur karena saat memakannya nasi dan juga lauk pauknya dicampur/diaduk menjadi satu sehingga bercampur dan barulah dimakan dengan ditambah saus sambal. Bibimbap sendiri biasa disantap sebagai menu sehari-hari.

Biasanya disajikan dalam mangkuk. Ada juga yang disajikan dalam mangkuk panas dan biasanya ditambahkan telur mentah (kuning telurnya saja) di atasnya. Bagi Anda yang kesulitan untuk mencari makanan halal di Korea Selatan, menu yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan yang wajib Anda cicipi.

4. Bulgogi

Bulgogi merupakan daging sapi yang sudah diiris tipis dan kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Bisanya sebelum dipanggang, daging sapi tersebut telah dibumbui terlebih dahulu. Bulgogi biasanya dimakan pula dengan lauk-pauk yang lainnya, atau dibungkus dengan daun selada dan baru dimakan.

5. Ramyeon

Ramyeon atau di jepang dikenal dengan ramen, merupakan mie instan ala korea. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini karena hampir di kebanyakan film korea ada adegan ketika makan ramyeon ini. Cara makannya pun unik, biasanya orang korea langsung makan ramyeon dari pancinya.

Anda pun bisa membeli ramyeon instan yang banyak dijual di banyak gerai minimarket di Korea Selatan untuk dijadikan oleh-oleh khas korea.

6. Jjajangmyeon

Jjajangmyeon ini mirip dengan mie ayam yang ada di Indonesia. Salah satu mie khas Korea ini biasanya dicampur dengan saus kedelai hitam yang kental, kemudian ada sayur dan juga potongan dagingnya. Namun Anda harus berhati-hati terutama yang beragama Islam, karena bisanya potongan daging dari jjangmyeon ini menggunakan daging babi.

7. Japchae / Chapchae

Jika dilihat sekilas dari segi tampilannya mirip dengan capcay yang ada di Indonesia. Namun ternyata bahan utamanya sendiri terbuat dari mie (bihun ala korea) yang ditambahkan dengan sayuran. Jadi berbeda dengan capcay yang ada di Indonesia.

8. Miyeok Guk

Miyeok guk merupakan sup rumput laut. Biasanya rumput laut kering ini dimasak dengan cara merendamnya ke dalam air hingga menjadi lunak, kemudian dicampurkan ke dalam air kaldu dan diberi bumbu kecap, garam dan juga minyak wijen.

9. Teok

Teok merupakan kue beras. Jenis dari kue beras ini beragam. Biasanya disajikan saat upacara-upacara tertentu. Namun karena jenisnya yang banyak, kue beras ini tidak hanya dimakan di hari tertentu saja karena di sepanjang tahun pun kita bisa memakannya. Salah satu jenisnya yang terkenal adalah tteokbokki yang nanti akan dibahas.

10. Kepiting Saus Korea

Apa bedanya kepiting saus yang ada di Indonesia dengan yang ada di Korea? Ternyata porsi kepiting yang ada di Korea ini jauh lebih besar. Rasa dari kepiting saus ini sendiri terasa sedikit asam dan juga pahit dan terasa lezat. Kepiting saus ini dikenal juga dengan ganjang gejang.