Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan untuk Bayi Usia 6 Bulan

 

Makanan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Saatnya untuk memperkenalkan bayi Anda dengan makanan pendamping ASI (air susu ibu). Apa sajakah makanan pendamping yang tepat untuk bayi usia 6 bulan?

 

Anda mungkin telah memperkenalkan bayi Anda dengan makanan pendamping sejak usia 3 bulan. Pada usia 6 bulan ke atas, Anda dapat memberikan makanan pendamping yang lebih padat dibanding sebelumnya.

 

Anda juga sebaiknya mulai memperkenalkan makanan dengan rasa yang berbeda setiap 2–3 hari agar bayi tidak bosan dan juga untuk mengetahui apakah bayi Anda alergi terhadap makanan tertentu atau tidak. Beberapa makanan pendamping yang dapat Anda berikan untuk bayi yang berusia 6 bulan, antara lain:

 

Sayuran

Sayuran merupakan sumber mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Berikan sayuran sebagai makanan pendamping bayi usia 6 bulan. Cara mengolah sayuran untuk makanan pendamping adalah dengan merebus sayur kemudian diblender atau diolah dengan food processor. Kombinasikan berbagai macam sayuran agar bayi memperoleh rasa baru dan kandungan vitamin yang lebih beragam.

 

Buah

Jika bayi Anda sudah diberikan sayuran sebagai makanan pendamping, sebaiknya Anda juga mulai memilih buah sebagai makanan untuk bayi usia 6 bulan. Pemilihan buah-buahan selain agar bayi mendapatkan vitamin dan mineral, juga agar bayi tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Beberapa buah yang baik untuk bayi usia 6 bulan adalah pisang, jeruk, apel, pir, pepaya dan alpukat.

 

Sereal

Sereal juga dapat diperkenalkan kepada bayi usia 6 bulan sebagai makanan padat. Untuk menyajikan sereal, Anda dapat mengkombinasikan sereal dengan saus yang terbuat dari buah agar rasanya lebih manis.

 

Tahu

Anda juga dapat memperkenalkan tahu sebagai makanan bayi usia 6 bulan. Kukus tahu hingga matang lalu campur dengan buah atau sayur untuk mendapatkan rasa yang lebih familiar untuk bayi. Haluskan tahu dengan buah atau sayur kedalam blender atau food processor.