Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa Haru Suandharu, Tim Sukses Anies Baswedan yang Bawa-Bawa Malaikat Jibril Saat Kampanye

 


Mendekati Pemilu 2024 pada Februari mendatang, masing-masing tim sukses capres melakukan kampanye di berbagai daerah. Salah satu yang sempat menjadi sorotan adalah kampanye yang dilakukan oleh tim sukses Anies Baswedan baru-baru ini lantaran membawa-bawa nama Malaikat Jibril.

Dalam sebuah video yang diunggah, tim sukses Anies BaswedanHaru Suandharu, tampak sedang melakukan orasi di atas panggung. Dalam pernyataannya, ia mengatakan kalau Malaikat Jibril seakan diperintah untuk menyampaikan kepada seluruh makhluk untuk mencintai Anies Baswedan.

“Hamba itu namanya Anies Baswedan, Dia panggil itu Malaikat Jibril ‘Wahai Jibril, Aku mencintai hambaku yang Insyaallah namanya Anies Baswedan, kabarkan kepada seluruh umat-Ku, seluruh makhluk-Ku bahwa aku mencintai Anies Baswedan,” ucap Haru Suandharu dalam video yang diunggahnya, Rabu (24/1/2024).

Tidak sampai di situ, Haru Suandharu menambahkan bahwa dengan perintah itu itu, nantinya seluruh makhluk akan mencintai Anies Baswedan. Hal ini akan membuat Anies Baswedan pada Pemilu 2024 terpilih sebagai Presiden RI.

“Maka Jibril akan mengatakan kepada seluruh makhluk di langit, di bumi ‘cintailah Anies Baswedan’. Maka Insyaallah, makhluk di langit dan di Bumi semuanya akan mencintai Anies Baswedan dan mendoakan pada 14 Februari, Insyaallah Anies Baswedan presiden Republik Indonesia,” sambungnya.

Pernyataan ini lantas membuat sosok Haru Suandharu yang merupakan tim sukses Anies Baswedan disorot. Namun, siapa sebenarnya sosok dari Haru Suandharu ini?

Profil Haru Suandharu

Memiliki gelar Dr. H. Haru Suandharu, S.Si., M.Si., ia merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2019–2024. Pria yang lahir pada 29 Juni 1975 ini juga Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Provinsi Jawa Barat.

Terkait pendidikannya, Haru Suandharu merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Sains Biologi (S1) dan Sains Wetland Ecology (S2). Sementara itu, ia melanjutkan S3 di Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Pemerintahan.

Karier politiknya sudah dimulai sejak lama, Haru Suandharu pernah menjadi Ketua DPD PKS Kota Bandung (2006–2010), Ketua Pemenangan Ridwan Kamil-Oded (2013), Wakil Ketua DPRD Kota Bandung (2014–2019), serta Ketua Pemenangan Sudrajat-Syaikhu (2018).

Tak hanya berkarier di dunia politik, Haru Suandharu juga merupakan pendiri dari Sinergi Indonesia. Ia juga seorang Wakil Direktur Bimbel "Villa Merah".

Selain itu, Haru Suandharu pernah menjabat Unit Manager Bringin Life Syariah. Dirinya juga Pendiri dan Ketua Yayasan Tim Olimpiade Biologi Indonesia.

Hingga kini, dirinya masih terlihat aktif dan vokal di dunia politik. Hal ini dapat dilihat dari unggahan akun Instagram pribadinya, di mana ia kerap kali membagikan aktivitasnya di dunia politik.